Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ekspresi Kondisional Pada Program Java

Suatu ekspresi kondisonal akan mengevaluasi sebuah ekspresi berdasarkan kondisi. Misalnya anda mungkin ingin menambahkan sebuah nilai pada variabel yang dibatasi oleh kondisi tertentu. Sebagai contoh, pernyataan berikut ini menetapkan 1 ke b jika a lebih besar dari 0, dan menetapkan -1 ke b jika a lebih kecil atau sama dengan 0.

if (a > 0)
b = 1;
else

b = -1;

Alternatif lain yang bisa digunakan untuk mencapai hasil yang sama adalah dengan menggunakan ekspresi kondisional seperti di bawah ini:

b = (a > 0) ? 1 : -1;

Ekspresi kondisional memang benar-benar menggunakan syntax yang berbeda, tanpa menggunakan if secara eksplisit dalam pernyataan.

ekspresi_kondisiona_Java


Syntaxnya adalah:

ekspresi-boolean ? ekspresi1:ekspresi2;

Hasil dari ekspresi kondisional adalah ekspresi1 jika ekspresi-boolean bernilai true, selain dari itu hasilnya adalah ekspresi2.


Contoh lainnya misalkan anda ingin menetapkan nilai lebih kecil dari variabel angka1 dan angka2 ke variabel min. Maka secara sederhana anda dapat menulis pernyataan menggunakan ekspresi kondisional:

min = (angka1 < angka2) ? angka1 : angka2;

Atau misalkan seperti contoh dibawah ini, dimana pernyataan akan menampilkan "angka adalah bilangan genap" jika angka tersebut adalah genap atau menampilkan "angka adalah bilangan ganjil" jika angka tersebut adalah ganjl.

System.out.println((angka % 2 == 0) ? "angka adalah bilangan genap" : "angka adalah bilangan ganjil");

Kesimpulannya ekspresi kondisional ini dapat memungkinkan anda untuk menulis kode secara lebih ringkas.

Post a Comment for "Ekspresi Kondisional Pada Program Java"